logo-raywhite-offcanvas

24 Mar 2022

Tanah di Jakarta dengan Harga Termurah hingga Termahal

Tanah di Jakarta dengan Harga Termurah hingga Termahal

Jakarta sendiri adalah Ibukota Negara Indonesia yang menjadi kawasan pusat pemerintahan dan bisnis sehingga tidak heran jika harga tanah serta properti di Jakarta lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan lainnya. Karena menjadi pusat pemerintahan dan bisnis, seluruh fasilitas dan pembangunannya juga lebih lengkap dan tertata. Jika melihat Washington D.C. Kota tersebut juga merupakan pusat pemerintahan. Namun pusat bisnisnya ada di New York. Ini keunikan Jakarta dibandingkan kota lainnya di seluruh dunia. Selain pusat pemerintahan, kota ini pun jadi pusat bisnis. Orang-orang lalu-lalang di daerah ini untuk bekerja. Jadi, jika Anda bisa mendapatkan properti di daerah tersebut, tentu jadi keuntungan karena ongkos transportasi lebih rendah. Selain itu prestise atau rasa bangga untuk tinggal di Jakarta juga menjadi salah satu faktor untuk tinggal di kota ini. Sesuai dengan hukum ekonomi yang berlaku, semakin tinggi permintaan maka harga pun juga semakin tinggi.

Dari seluruh kawasan di Jakarta, ada beberapa kawasan elit yang dimana harga tanah dan propertinya mencapai belasan hingga puluhan milyar, diantaranya CBD Sudirman, Thamrin, Menteng, Senayan, Simprug, Permata Hijau hingga Kuningan. Meskipun properti yang dijual berkonsep minimalis, namun karena berada di kawasan elit, harganya tetap saja selangit. Jika dibandingkan, properti minimalis di daerah tersebut Anda sudah bisa mendapatkan properti dengan cluster tinggi di kawasan Depok. Berikut kami rangkum beberapa kawasan mulai dari harga terendah hingga tertinggi :

1. Jakarta Selatan

Di Jakarta Selatan, tanah paling murah Rp 2.925.000 per meter persegi. Itu dapat ditemui di Jalan Manggarai Utara, Jalan Manggarai Utara II, Jalan Manggarai Utara II/KO AL. Namun, di jalan yang sama belum tentu memiliki NJOP yang sama semua. Kawasan Kebayoran Lama di Jakarta Selatan, masih mendominasi harga tanah tertinggi yang merupakan benchmark dari harga tanah di Jakarta Selatan dengan harga tanah rata-rata tertinggi Rp45,8 juta/m². Wilayah Pondok Indah yang merupakan bagian dari kecamatan ini, memiliki harga tanah Rp43 juta – Rp68 juta/m², bahkan untuk kawasan golf bisa mencapai Rp125 juta/m². Sementara itu, harga lahan Pondok Pinang yang relatif dekat dengan Pondok Indah dapat mencapai Rp30 juta – Rp35 juta/m².

2. Jakarta Timur

Di Jakarta Timur juga masih banyak tanah seharga Rp 2.925.000, misalnya di Jalan Lapan V, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo. Selain itu di Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung juga masih banyak tanah di harga tersebut. Kawasan Pulomas yang termasuk dalam kawasan Pulogadung, menjadi benchmark harga tanah di Jakarta Timur dengan harga rata-rata tertinggi Rp22,8 juta/m².

3. Jakarta Pusat

Di Jakarta Pusat umumnya harga tanah sudah di atas belasan hingga puluhan juta rupiah. Tapi di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang ada tanah Rp Rp 2.925.000. Tanah termahal di kawasan Jakarta Pusat terdapat di kawasan elit Menteng dengan harga rata-rata Rp66,7 juta/m². Kendati demikian, penawaran harga tanah dapat mencapai Rp75 juta/m². Di wilayah sekitar, yaitu di seputaran Jalan Surabaya, tanah masih ditawarkan dengan harga Rp45 juta – Rp50 juta/m².

4. Jakarta Barat

Di Jakarta Barat tanah yang paling murah Rp 3.100.000, tersebar di Kelurahan Sukabumi Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, tepatnya di Jalan CC, Jalan Pahlawan, Jalan Sukabumi Selatan, Kampung Baru, Gang Arjuna. Harga tanah rata-rata di wilayah Jakarta Barat diperkirakan menyentuh Rp25,6 juta/m² yang dipicu oleh wilayah Puri Indah dengan harga tanah berkisar Rp23 juta – Rp28 juta/m² (di beberapa titik dapat mencapai Rp30 juta/m²). Wilayah Grogol Petamburan mempunyai harga tanah lebih rendah, yakni Rp13 juta – Rp21 juta/m².

5. Jakarta Utara

Sedangkan harga tanah di bawah Rp 2 juta masih banyak ditemui di Jakarta Utara, yakni Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan. Di sini tersebar tanah seharga Rp 1.416.000. Sedangkan di Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincing banyak tanah seharga Rp 2.640.000 per meter persegi.

Nah itu tadi beberapa kawasan dengan harganya masing-masing. Sebaiknya dalam menentukan hunian Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika Anda mengutamakan kawasan karena fasilitas dan akses disekitarnya, Senayan hingga kuningan pilihannya. Bagi Anda yang ingin mencari  properti siap huni khsuusnya di kawasan Kebayoran Senayan, langsung saja hubungi Ray White Kebayoran Senayan sebagai partner kebutuhan properti Anda. Dapatkan beragam keuntungan properti dengan menghubungi Ray White Senayan yang beralamat di Jl. Hang Tuah Raya No.10, Gunung Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120  atau kontak kami di (021) 270 90 888, ingat hunian ingat Ray White Senayan!

 

 

Share
Search