logo-raywhite-offcanvas

16 Feb 2022

Beli Rumah Sebelum Usia 30 Tahun Emang Bisa?

Beli Rumah Sebelum Usia 30 Tahun Emang Bisa?

Mempunyai properti sendiri merupakan salah satu impian bagi setiap orang, namun seringkali mengingat harga properti yang terus meningkat membuat orang untuk mengurungkan niatnya. Besarnya biaya bunga dari cicilan, tidak sedikit membuat masyarakat menjadi cukup terbebani apalagi dalam membeli rumah pertama. Meskipun begitu, Anda sebagai masyarakat yang cerdas perlu mengantisipasi hal tersebut dari jauh-jauh hari dengan mempersiapkan keseluruhannya dengan matang, agar dapat mewujudkan impian Anda dalam mempunyai properti sebelum usia 25 tahun, yuk simak tipsnya sebagai berikut!

1. Menghitung Budget

Dalam membeli rumah, hal yang paling penting Anda pertimbangkan adalah menyesuaikan dengan income yang Anda miliki. Selain itu, Anda perlu menentukan target yang masuk akal dan sesuai dengan penghasilan saat ini dan kemungkinan peningkatan penghasilan beberapa tahun ke depan. Anda bisa survei lokasi yang kira-kira masuk ke budget tersebut. Agar meringankan, coba cari lokasi yang menawarkan harga rumah terjangkau. 

2. Rencanakan Down Payment 

Seseorang bisa mendapatkan cicilan yang ringan dengan cara membayar down payment yang besar. Usahakan mengambil pembayaran down payment dengan kisaran 40 – 50% dari harga keseluruhan sehingga cicilan yang perlu dibayar ke depannya akan semakin ringan. Salah satu cara agar masyarakat bisa melakukan pembayaran down payment yang lebih besar ialah menabung.

3. Penghasilan Tambahan

Sulit bagi Anda untuk membeli rumah jika hanya mengandalkan gaji utama. Sebaiknya carilah pekerjaan sampingan yang dapat menunjang pemasukan. Namun, yang terpenting, cari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda, contohnya menjadi seorang freelancer

4. Investasi

Sebaiknya Anda mengalokasikan beberapa dana untuk kebutuhan investasi yang nantinya dapat bertambah jumlahnya. Jika Anda hanya menyimpan uang di bank dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut kurang bijak. Beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan sebagai media investasi adalah emas, reksadana atau deposito. 

5. Berhemat

Tips yang sangat penting jika Anda ingin tekun dalam menabung adalah hindari gaya hidup yang terlalu tinggi. Sebaiknya sisihkan uang tersebut untuk kebutuhan utama Anda. Lebih baik lagi jika Anda mencatat pengeluaran perbulan untuk kebutuhan pokok dan investasi, agar dana tersebut tidak tercampur.

Berikut tadi beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli rumah sebelum usia 30 tahun.  Tentunya dalam menjalankan tips tersebut dibutuhkan sikap yang tekun dan rasa giat yang tinggi. Jika Anda bingung mencari properti yang tepat, hubungi Ray White Kebayoran Senayan yang siap menjadi partner Anda dalam jual beli properti ataupun sewa properti. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dalam bidang properti, Ray White menjadi agen properti terpercaya dan kredibel. Dapatkan berbagai keuntungan properti dengan menghubungi Ray White Senayan yang beralamat di Jl. Hang Tuah Raya No.10, Gunung Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120  atau kontak kami di (021) 270 90 888, ingat hunian ingat Ray White Senayan!

 

Share