logo-raywhite-offcanvas

27 Mar 2023

Pentingkah Akta Jual Beli?

Pentingkah Akta Jual Beli?

Akta Jual Beli atau AJB merupakan salah satu dokumen yang sangat penting dalam jual beli tanah ataupun bangunan. Mengapa demikian? Karena tanpa adanya Akta Jual Beli, jual beli tanah atau jual beli bangunan yang dilakukan tidak dapat dianggap sah dan ada kemungkinan untuk terjadinya penipuan dalam jual beli tanah ataupun jual beli bangunan yang dilakukan tersebut. Akta Jual Beli juga menjadi salah satu dokumen penting yang wajib dicek oleh penjual dan pembeli tanah atau bangunan. Akta Jual Beli juga merupakan salah satu bukti sah pemindahan hak atas bangunan atau tanah dari penjual kepada pembeli. Akta Jual Beli juga tidak dapat dibuat oleh sembarang orang karena Akta Jual Beli harus dibuat oleh pejabat umum yang berwenang, yaitu PPAT atau Pejabat Pembuat Akta Tanah. Selain yang telah disebutkan diatas, Akta Jual Beli juga ternyata mempunyai fungsi penting lainnya loh!

 

Berikut fungsi penting dari Akta Jual Beli:

1.    Sebagai bukti transaksi yang sah

Akta Jual Beli digunakan untuk jual beli bangunan atau tanah dan sebagai bukti kesepakatan harga serta ketentuan lainnya yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (penjual dan pembeli tanah atau bangunan). Setelah kedua belah pihak menyetujui ketentuan yang telah dibuat, maka keduanya akn bertandatangan di Akta Jual Beli tersebut sehingga transaksi jual beli tersebut dapat dianggap sah.

 

2.    Akta Jual Beli dapat menjadi bukti perkara

Akta Jual Beli juga dapat menjadi bukti perkara pada saat salah satu pihak, baik penjual maupun pembeli gagal untuk memenuhi kewajibannya. Mengapa demikian? Karena sebelumnya, penjual dan pembeli juga menyetujui dan menandatangani Akta Jual Beli yang dimana di Akta Jual Beli tersebut berisi tentang ketentuan serta kewajiban yang harus dilakukan oleh penjual dan pembeli, sehingga ketika salah satu pihak gagal untuk memenuhi kewajiban, Akta Jual Beli dapat menjadi bukti perkara.

 

3.    Akta Jual Beli dapat digunakan untuk bukti sah

Akta Juap Beli dapat digunakan untuk bukti sah bahwa kedua belah pihak (penjual dan pembeli) telah memenuhi hak dan kewajibannya masing-masing. Maka dari itu, kita dapat melihat pentingnya jual beli rumah atau bangunan dengan Akta Jual Beli. Dengan menggunakan Akta Jual Beli, transaksi jual beli rumah atau bangunan akan jauh lebih aman karena terhindar dari penipuan dan dapat menjadi bukti yang sah ketikan salah satu pihak melanggar janji atau tidak memenuhi kewajiban yang sudah disepakati bersama di awal.

 

Untuk membuat Akta Jual Beli juga tidak mudah karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar tidak sembarang orang dapat mengajukannya. Untuk membuat Akta Jual Beli, kedua belah pihak wajib bertemu di titik temu yang telah ditentukan. Setelah kedua belah pihak bertemu dan telah memenuhi hak, kewajiban, serta ketentuan-ketentuan lainnya yang telah ditentukan, barulah Akta Jual Beli dapat dibuat. Maka dari itu, kita dapat melihat bahwa seberapa penting dan sahnya Akta Jual Beli dalam transaksi jual beli tanah. Pada saat ini pun sering terjadi pembuatan Akta Jual Beli palsu. Maka dari itu, kita harus dapat lebih berhati-hati dalam melakukan jual beli tanah atau bangunan dan harus memastikan bahwa Akta Jual Beli yang telah dibuat itu asli untuk menghindari penipuan dan hal negatif lainnya.

Share