logo-raywhite-offcanvas

22 Oct 2024

Cara Mengatasi Ruangan Lembab pada Hunian, Supaya Hidup Lebih Sehat!

Cara Mengatasi Ruangan Lembab pada Hunian, Supaya Hidup Lebih Sehat!

Ruangan lembab pada hunian merupakan salah satu permasalahan umum yang biasanya terjadi. Hal ini merupakan masalah utama yang sering terjadi pada hunian ketika musim hujan, karena air hujan yang mengenai rumah bisa ‘rembes’ ke dalam rumah dan akan meningkatkan kelembaban pada ruangan di hunian. Umumnya, hunian yang lembab akan menimbulkan beberapa ciri-ciri seperti munculnya bau yang tidak sedap, suhu yang ‘apek’, cat pada dinding atau langit-langit rumah yang mengelupas, dan munculnya jamur. 


Ruangan yang lembab pada hunian juga akan menimbulkan beberapa penyakit yang ditimbulkan dari bakteri-bakteri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana caranya mengatasi ruangan yang lembab pada hunian dan berikut merupakan penjelasan lebih lengkapnya!


1. Cari tahu terlebih dahulu sumber kelembaban

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cari tahu terlebih dahulu dimana sumber kelembaban yang terjadi pada ruangan di hunian Anda. Umumnya ruangan yang menjadi sumber kelembaban pada hunian terdapat di kamar mandi dan kamar tidur, atau di sudut-sudut rumah yang jarang tersentuh dengan barang-barang yang menumpuk. 


2. Memaksimalkan ventilasi udara

Cara selanjutnya untuk mengatasi ruangan yang lembab pada hunian adalah dengan menyediakan dan memaksimalkan ventilasi udara yang memadai. Dengan ventilasi udara yang maksimal, maka sirkulasi udara akan menjadi lebih baik dan akan mengatasi ruangan yang lembab. Selain itu, dengan masuknya cahaya matahari yang cukup juga bisa mengatasi ruangan yang lembab pada hunian.


3. Gunakan dehumidifier

Dehumidifier merupakan alat yang bisa mengurangi kelembaban pada ruangan. Alat ini cocok untuk digunakan pada ruangan yang rentan lembab, karena selain menjaga dari ruangan yang menjadi lembab, namun bisa menjaga barang-barang atau furnitur rumah menjadi tahan dari rusak karena lembab.


4. Memakai cat dinding anti lembab

Cara terakhir untuk mengatasi ruangan yang lembab adalah dengan memakai cat dinding anti lembab. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya jamur akibat ruangan yang lembab. 


Dengan penjelasan diatas, terdapat kesimpulan bahwa terdapat beberapa cara dalam mengatasi ruangan yang lembab pada hunian. Jika Anda sedang mencari hunian yang nyaman dan pasti sudah terpercaya, Anda bisa jatuhkan pilihan ke Ray White Senayan. Ray White Senayan hadir untuk membantu Anda berikan solusi properti terbaik. Ray White telah mempunyai pengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang properti. Dapatkan informasi lebih lanjut di website Ray White Senayan di https://senayan.raywhite.co.id/. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!


Written by: Jasmine Azzahra Siregar (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by: Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Published by: Cynthia Natalia William (Marcomm Ray White Senayan)


Share