logo-raywhite-offcanvas

22 Nov 2023

3 Sultan di Indonesia yang Kaya Raya Hasil Bisnis Properti

3 Sultan di Indonesia yang Kaya Raya Hasil Bisnis Properti

Kalian tau gak sih? Ternyata cukup banyak juga sultan di Indonesia yang kita tau kaya raya hasil bisnis properti. Para sultan ini juga mempunyai kekayaan yang fantastis dari bisnis propertinya. Bahkan para sultan ini pun terdaftar dalam orang terkaya atau crazy rich di Indonesia versi Forbes. Penasaran gak sih kira-kira siapa aja yaa sultan yang kaya raya hasil dari bisnis properti?

Berikut 3 sultan di Indonesia yang kaya raya hasil bisnis properti:

 

1.       Keluarga Ciputra

Ciputra Development yang seperti kita ketahui pada saat ini banyak sekali proyeknya, ternyata mempunyai salah satu sultan di Indonesia, yaitu Keluarga Ciputra. Bahkan pada saat ini, Ciputra Development merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia. Pada saat ini Ciputra Development mempunyai proyek di 71 kota di Indonesia. Dengan adanya bisnis properti tersebut beserta dengan usaha keluarga lainnya, Keluarga Ciputra berhasil mempunyai kekayaan sebesar US$ 1,25 miliar atau setara dengan Rp 19,50 triliun. Keluarga Ciputra pun menempati posisi ke-33 dari 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

 

2.       Keluarga Widjaja

Sinarmas merupakan perusahaan miliki Keluarga Widjaja yang bergerak di berbagai sektor, yang salah satunya merupakan real estate. Salah satu kawasan properti paling ternama milik Sinarmas adalah Bumi Serpong Damai. Dengan adanya bisnis real estate tersebut dan bisnis lainnya di berbagai sektor, Keluarga Widjaja mempunyai total kekayaan sebesar US$ 10,8 miliar atau setara dengan Rp 168,58 triliun. Dengan kekayaan tersebut, Keluarga Widjaja pun menempati posisi ke-3 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

 

3.       Mochtar Riady dan Keluarga

Lippo Group merupakan perusahaan miliki Mochtar Riady yang bergerak di berbagai sektor, yang salah satunya merupakan real estate. Seperti yang kita ketahui, bahwa proyek Lippo Group ini sudah sangat banyak dan ada dimana-mana. Dengan adanya bisnis real estate tersebut dan bisnis lainnya di berbagai sektor, Mochtar Riady mempunyai total kekayaan sebesar US$ 1,4 miliar atau setara dengan Rp 21,84 triliun. Dengan kekayaan tersebut, Mochtar Riady menempati posisi ke-29 dari 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

 

Share