logo-raywhite-offcanvas

08 Dec 2023

Pembebasan Pajak untuk Pembelian Rumah Hingga Rp 5 M

Pembebasan Pajak untuk Pembelian Rumah Hingga Rp 5 M

              Taukah kamu? Pemerintah baru saja menetapkan kebijakan pemberian insentif pajak Pertambahan Nilai yang ditanggung pemerintah atau PPN DtP. Sebelumnya, pemerintah juga sudah memberikan  insentif PPN DtP 100% tetapi hanya untuk pembelian rumah hingga Rp 2 miliar. Tetapi, pada saat ini pemerintah tidak tanggung-tanggug, karena pemerintah memberikan insentif PPN DtP hingga menjangkau pembelian rumah sampai dengan Rp 5 miliar. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati. Ia mengatakan bahwa pemberian insentif PPN DtP diperluas hingga rumah Rp 5 miliar, tetapi yang ditanggung tetap sebesar Rp 2 miliar. Jadi, jika membeli rumah dengan harga sebesar rp 2 miliar, maka PPN 11% akan dibebaskan sepenuhnya, sedangkan jika membeli rumah dengan harga sebesar Rp 5 miliar, maka insentif yang diberikan hanya dengan batas Rp 2 miliar saja.

Pembebasan pajak ini dibagi menjadi dua fase, pada fase pertama dimulai dari bulan November sampai dengan bulan Desember 2023  dan bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2024. Pada fase pertama tersebut, pajak akan ditanggung 100% oleh pemerintah. Kemudian, pada fase kedua akan dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2024. Pada fase kedua ini, pajak akan ditanggung 50% oleh pemerintah. Hal tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Pers PDB Kuartal III 2023 dan Stimulus Fiskal, di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat.

Kebijakan pembebasan pajak ini sangat menguntungkan bagi masyarakat Indonesia yang sedang mempunyai keinginan dan berniat untuk membeli rumah. Apalagi pada saat ini, dengan harga Rp 2 miliar hingga 5 miliar kamu sudah bisa mendapatkan rumah yang bagus ditambah lagi ada kebijakan pembebasan pajak. Jika kamu masih bingung ingin mencari rumah impian kamu, kamu bisa menghubungi Ray White Senayan loh sebelum kebijakan pembebasan pajak ini berakhir karena Ray White Senayan mempunyai berbagai macam pilihan rumah rumah, baik dari segi lokasi, luas, arah mata angin, model, harga, dan masih banyak lagi.


Source: https://www.detik.com/properti/berita/d-7023281/top-pemerintah-sebar-bonus-pajak-untuk-pembelian-rumah-hingga-rp-5-m

Share