logo-raywhite-offcanvas

17 Jan 2024

Punya Rencana Tinggal di Apartemen? Ketahui Jenis-Jenis Biaya Hidup yang Harus Dibayarkan

Punya Rencana Tinggal di Apartemen? Ketahui  Jenis-Jenis Biaya Hidup yang Harus Dibayarkan

Banyak orang memilih tinggal di apartemen karena berbagai alasan yang berkaitan dengan gaya hidup, lokasi, dan kebutuhan pribadi. Terletak di lokasi strategis dekat dengan pusat bisnis, perbelanjaan, transportasi umum, dan fasilitas lain yang memudahkan aksesibilitas bagi penghuninya. Tentu jika dibandingkan dengan rumah, apartemen memberikan banyak keunggulan. Meski demikian, jika Anda berniat tinggal di apartemen harus menerima kenyataan bahwa nantinya biaya hidup yang dikeluarkan mungkin jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tinggal di rumah biasa. Fasilitas canggih yang lengkap tentunya membutuhkan pengelolaan dan perawatan yang lebih baik.

Selain biaya sewa, terdapat biaya lain juga yang harus Anda keluarkan, lho. Mari kita bedah satu persatu.

  1. Biaya utilitas

Biaya utilitas mencakup pengeluaran rutin untuk air, listrik, dan dan keperluan lainnya. Besarnya biaya ini dapat bervariasi tergantung pada konsumsi dan tarif di wilayah tersebut.

  1. Biaya perawatan gedung (management fee) dan layanan apartemen

Memiliki tempat tinggal di hunian vertikal dengan ratusan unit akan sangat memerlukan perawatan yang intensif. Hal dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyaman setiap orang yang tinggal di dalamnya. Perawatan gedung dilakukan secara rutin untuk menghindari kejadian tidak diinginkan, seperti kerusakan mesin, gangguan listrik, dan sebagainya. Biaya ini juga digunakan untuk pemeliharaan fasilitas umum seperti kolam renang atau pusat kebugaran. Biaya ini akan digunakan oleh pengelola gedung untuk memperbaiki, merenovasi, dan memelihara segala sarana dan prasarana apartemen. 

  1. Biaya keamanan

Apartemen dikenal memiliki sistem keamanan yang tinggi. Dengan menggunakan bantuan personil keamanan dan teknologi canggih, seperti CCTV hingga sistem smart card semakin menjamin keamanan penghuni. Hal itu tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma, itulah mengapa pengelola gedung biasanya akan memungut uang keamanan dari para penghuni.

  1. Biaya parkir

Jika Anda memiliki kendaraan, mungkin pengelola gedung akan membebankan biaya tambahan untuk tempat parkir. Beberapa apartemen menawarkan parkir gratis, sementara yang lain mungkin membebankan biaya bulanan atau tahunan.


Setiap apartemen memiliki kebijakan masing-masing terkait dengan biaya-biaya yang dikenakan kepada penghuni. Hal di atas merupakan rincian biaya hidup yang akan dibayarkan ketika Anda berniat menjadi penghuni apartemen. Dengan begitu, Anda tidak merasa terbebani dengan masalah terkait biaya untuk menempati unit karena dapat mempersiapkannya dari jauh hari. 

Namun sebelum memutuskan untuk menyewa apartemen ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti kondisi dan fasilitas gedung untuk menghindari adanya kerusakan di sekitar hunian Anda. Pastikan juga bahwa dokumen legal yang diperlukan terkait pembelian atau penyewaan apartemen sudah lengkap. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan bantuan notaris atau agen properti terpercaya seperti Ray White (Indonesia) untuk mengurus sistem sewa atau beli apartemen yang diinginkan. 

Jika Anda merupakan orang yang sering bepergian, kemudahan aksesibilitas ke transportasi umum juga perlu dipertimbangkan. Ray White Senayan akan bantu Anda mencari hunian yang strategis dengan pusat bisnis, perbelanjaan, dan tempat hiburan lain. Ray White Senayan sebagai salah satu kantor cabang agen properti yang beroperasi di kawasan Senayan menawarkan layanan pemasaran, penilaian properti, konsultasi investasi properti, serta bantuan dalam proses jual-beli atau sewa properti. Hubungi Ray White Senayan di (62-21) 270 90 888 atau senayan@raywhite.co.id



Share